TURKI USMANI (Sejarah Peradaban Islam)

TURKI USMANI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

BAB II PEMBAHASAN

A.  Asal Mula Turki Usmani

B.  Perluasan Wilayah Turki Usmani di Asia Kecil

C.  Kerajaan Usmani

D.  Perluasan Wilayah Turki Usmani

E.  Kebudayaan

F.  Kemunduran Turki Usmani

BAB III PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN

Setelah Khilafah Abbasiyah di Baghdad runtuh akibat serangan tentara Mongol, kekuatan politik Islam mengalami kemunduran secara drastis. Wilayah kekuasaannya tercabik-cabik dalam beberapa kerajaan kecil yang satu sama lain saling memerangi. Beberapa peninggalan budaya dan peradaban Islam banyak yang hancur akibat serangan bangsa Mongol itu, Keadaan politik umat Islam secara keseluruhan baru mengalami kemajuan kembali setelah muncul dan berkembangnya tiga kerajaan besar, diantaranya Usmani di Turki, Mughal di India dan Safawi di Persia. Kerajaan Usmani ini adalah yang pertama berdiri juga yang terbesar dan paling lama bertahan dibanding dua kerajaan lainnya.

Dalam perkembangannya dunia islam selalu mengalami pasang surut dan disini saya akan memaparkan tentang periode-periode yang ada pada kerajaan Turki Usmani mulai dari awal berdirinya sampai keruntuhannya, karena kerajaan Turki Usmani inilah yang menjadi sebuah pioner dalam perkembangan dunia islam pada masanya dan juga kehancurannya menjadi sebuah pembuka masuknya era industrialisasi kedunia islam.

Untuk mengetahui labih jelasnya maka dalam makalah ini akan kami terangkan lebih lanjut mengenai Turki Usmani.


BAB II

PEMBAHASAN

  1. A. Asal Mula Turki Usmani

Kerajaan Turki Usmani didirikan oleh suku bangsa pengembara yang berasal dari wilayah Asia Tengah, yang termasuk suku kayi. Ketika bangsa Mongol menyerang dunia Islam, pemimpin suku Kayi, Sulaiman Syah, mengajar anggota sukunya untuk menghindari serbuan bangsa Mongol tersebut dari lari ke arah barat. Bangsa Mongol itu mulai menyerang dan menaklukan wilayah islam yang berada dibawah kekuasaan dinasti khwarazm syah tahun 1219-1220. Sulaiman syah meminta perlindungan kepada jalal ad-Din, pemimpin terakhir dinasti khwarazm syah tersebut di transoksaria sebelum dikalahkan oleh pasukan Mongol. Jalal ad-Din memberikan jalan agar Sulaiman pergi ke barat kea rah asia kecil, dan disanalah mereka menatap. Dalam usahanya pindah ke negeri syam itu, pemimpn orang-orang turki tersebut mendapat kecelakan hanyut di sungai Euphrat yang tiba-tiba pasang karena banjir besar tahun 1228.[1]

Bangsa Turki Usmani berasal dari keluarga Qabey salah satu kabilah al-Ghaz Al-Turki, yang mendiami daerah Turkistan. Pemimpinnya yang terkenal bernama sulaiman yang membawa kabilahnya sesuai perang milaz kurd, mengembara ke asia kecil. Akan tetapi ditengah perjalanan, tepatnya di daerah eprbatasan Halb, Sulaiman meninggal dunia, sehingga rombongan pengembara tersebut menjadi bimbang apakah terus melanjutkan pengembaraannya atau pulang kembali ke tempat asal mereka. Rombongan pengembara tersebut akhirnya pecah menjadi dua kelompok. Kelompok kedua yang melanjutkan perjalanannya dan memilih putra Sulaiman, Arthogrol sebagai pimpinan mereka. Sesampainya di asia kecil rombongan arthogrol mengabdikan diri kepada Sultan Alauddin II yang mana saat itu kebetulan seorang berperang dengan Byzantium, maka Arthogrol bersama rombongan pun segera membantu pasukan tentara Alauddin.

  1. B. Perluasan Wilayah Turki Usmani di Asia Kecil

Setelah Utsman wafat (1326 M), Urkhan naik tahta. Pada tahun pertama dari masa pemerintahannya ia berhasil menaklukkan kota Broessa dan pada tahun berikutnya ia dapat menduduki kota Azmir. Menyusul kemudian Thawasyanly (1330). Seorangkan untuk menaklukkan kota Ankara sengaja Urchan menunjuk putranya, Sulaiman, sebagai panglimanya. Maka pada tahun 1354 disiapkannya pasukan Usmani di bawah komando Sulaiaman untuk menyerang Ankara dan pada tahun itu juga Ankara berhasil dikuasai.

selengkapnya silahkan download di:

http://www.ziddu.com/download/10288092/turkiUsmani.rar.html

belajar web bisnis


[1] DR. Styafiq El-Mughni, Sejarah Kebudayaan Islam di Turki, (Logos Wacana Ilmu, 1997), hal 51-52

~ oleh ernawati90 pada Juni 14, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: