Muhammad Al-Fatih (Sejarah Peradaban Islam)

Muhammad Al-Fatih

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

BAB II PEMBAHASAN

  1. Pemerintahan Al-Fatih
  2. Wilayah Konstantinopel
  3. Sultan Muhammad II (Al-Fatih) 1429-1481 M
  4. Bidang Kemiliteran Dan Pemerintahan
  5. Penaklukkan Konstantenopel

BAB III KESIMPULAN

DAFTAR PUSTAKA 

BAB I

PENDAHULUAN

Setelah ia meninggal digantikan dengan Murad II. Ia mengembalikan daerah-daerah di Eropa (kosovo) yang lepas setelah meninggalnya Bayazid, Timurlang juga seorang penguasa yang saleh dan dicintai rakyatnya, ia seorang yang sabar, cerdas, berjiwa besar, dan ahli ketatanegaraan. Ia banyak dipuji oleh sejarawan barat, ia banyak membangun masjid dan sekolah, termasuk pula adil, sehingga orang non muslimpun hidup di tengah kedamaian.

Penggantinya Murad II adalah Muhammad II dalam sejarah terkenal dengan Muhammad Al-Fatih, ia berhasil menaklukkan kota konstantinopel pertama kali yang telah dicita-citakan sejak khalifah Usman bin Affan, Gubernur Muawiyah yang pertama kali menyerang konstantinopel dan khalifah-khalifah selanjtnya yang berabad-abad mencita-citakan penaklukan konstantinopel, akhirnya tercapai pada abad 29 mei 1453.

Pada saat itulah awal kehancuran Bizantium yang telah berkuasa sebelum masa Nabi. Sultan Muhammad al-Fatih menaklukkan venish, Italy, Rhodos, dan cremia yang terkenal dengan konstantinopel.

Untuk lebih jelasnya mengenai Muhammad Al-Fatih akan dibahas pada bab selanjutnya.


BAB II

PEMBAHASAN

  1. A. PEMERINTAHAN AL-FATIH

Abu Qubail menuturkan dari Abdullah bin Amr bin Ash,  “suatu ketika kami sedang menulis disisi Rasulullah saw, tiba-tiba beliau ditanya, “mana yang yang terkalahkan terlebih dahulu, Konstantinopel  atau Romawi?” beliau menjawab, “kota Heraklius yang akan terkalahkan lebih dahulu.” Maksudnya ialah konstantinopel” (HR. Ahmad, Ad-Darimi, Al-Hakim)

“kota konstantinopel akan jatuh ke tangan islam. Pemimpin yang menaklukkannya dalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada dibawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (HR. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335)

Sultan Muhammad II (Al-Fatih) merupakan seorang sultan turki usmani yang menaklukkan kekaisaran romawi timur. Mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, sains, matematika dan menguasai enam bahasa saat berumur 21 tahun. Kejayaannya dalam menaklukkan konstantinopel banyak kawan dan lawan kagum dengan kepemimpinannya serta taktik dan strategi peperangannya yang dikatakan mendahului pada zamannya dan juga kaidah pemilihan tentaranya. Ia merupakan anak dari syekh Syamsuddin yang merupakan keturunan Abu bakar ash-Shiddiq. Ia jugalah yang mengganti nama konstantinopel menjadi istambul (islam keseluruhannya). Kini nama tersebut telah diganti oleh Mustafa Kemal Attaturk menjadi Istanbul. Untuk memperingati jasanya, mesjid al-fatih telah dibangun disebelah makamnya.

Diceritakan bahwa tentara al-fatih tidak pernah meninggalkan shalat wajib, sejak balik dan separuh dari mereka tidak pernah meninggalkan shalat tahajjud sejak baligh. Hanya sultan al-fatih saja yang tidak pernah meninggalkan shalat wajib, tahajjud dan rawatib sejak baligh hingga saat kematiaanya.

selengkapnya download di:

http://www.ziddu.com/download/10281850/Muhammad_Alfatih.rar.html

Belajar Web Bisnis

~ oleh ernawati90 pada Juni 14, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: